... sedikit kisah yang akan membuatmu tersenyum di masa depan ...

Selasa, 06 Mei 2014

Jakarta Sister City 2014

Ya, sebenernya gue bikin postingan ini cuma mau sharing aja tentang Jakarta Sister City, pasti banyak yang gak tau tentang JSC dah, jadi jsc ini adalah salah satu program dari Menpora yang bersifat kepemudaan, dibawah Disorda (Dinas Olahraga dan Pemuda), programnya sendiri yaitu Youth Exchange alias pertukaran pemuda. Sebenernya gue tau ini gara-gara PPAN (Pertukaran Pemuda Antar Negara) tapi ternyata buat DKI Jakarta dikasih privilage gitu deh biar nambah program, biar makin banyak anak jakarta yang berwawasan internasional. Dan gue sebagai anak jakarta juga pengen nyobain ikutan youth exchange kayak begini, nah di JSC 2014 ini ada 3 kota yang bisa dipilih buat jadi destinasi kita yaitu Berlin, Seoul sama Beijing. Dan karena gue emang bercita-cita buat pergi ke Korea Selatan, jadi pas tau ada program kayak gini gue excited banget pengen ikutan apalagi program ini free karena bersifat G to G alis goverment to goverment.

Dan abis itu gue mulai sibuk buat ngumpulin semua berkas persyaratannya, fotokopi ktp, paspor, ijazah, surat rekomendasi pokoknya semua persyaratannya dah dan gak lupa juga gue selalu mantengin timeline JSC ama web nya, abis tanggal batas pendaftarannya berubah mulu, yang pertama dari 31 maret ampe 14 april, nah pas tanggal 13 maret nya tuh udah ampe malem banget ngerangkai kata yang bagus buat essay di form nya, oia fyi semuanya pake b.ing, eh pas tgl 14 dianterin ke kantor disordanya kata petugas yang disana, batas pendaftarannya ampe tgl 21 april, huf yasudahlah itung-itung biar lebih prepare aja dah. Abis itu tgl 28 diumumin di web yang masuk ke tahap 2 atau tahap tertulis sama fgd dan alhamdulillah gue ama adek gue masuk (adek gue juga ikutan program ini, gara-gara gue yang maksa, yasudahlah hehe), buat yang progam Seoul yang masuk ada 120 an gitu ..

Tahap 2

Nah tahap 2 nya tes nya waktu itu tanggal 3 sama  bertempat di Gedung Judo,Kelapa Gading, karena gue kagak tau tempatnya jadi gue survei dulu dh ditemenin umi, ternyata jauh juga, tempatnya daerah lapiazza yang tempat antri tiket suju  huf, pas hari H tgl 3 nya gue dateng pagi-pagi karena emang acaranya jam 7 mulai, eh pas disana ternyata temennya zahra juga banyak yang ikutan, jadi kayak ketemu banyak anak UNJ gitu dah wkwkwk, gue dapet nomor peserta 302..

Acaranya pertama kayak pembukaan gitu, pake rehearsal nyanyi Indonesia Raya juga, abis itu mulai tes tertulisnya dah, tempatnya disitu juga, jadi kayak aula gitu, udah diatur duduknya trus dibagiin soalnya dah, jadi berasa kayak ujian kuliah lagi dah hehe, soalnya ada 100 pertanyaan plus essay gitu, tentang Kepemudaan, Pengetahuan Jakarta, B. Ingris, sama Pengetahuan tentang Kota yang dituju gitu dah, nah kalo gue kebagian yang Seoul, oia di soalnya juga ada pertanyaan yang jawabannya Rain masa, hehe, dikasih 2 jam abis itu isoma dah, abis isoma ada tes Focus Group Discussion alias FGD, nah pas fgd ini dipanggilnya per batch gitu, 1 batch 10 kelompok, 1 kelompok ada 8-10 orang dah, dan karena nomor gue 302 makanya dapet batch terakhir, nunggunya lamaaaa banget meennn ...., akhirnya gue jam 3 an baru dapet giliran FGD, kebetulan bareng ama adek  gue juga, topiknya tentang Media For Democracy gitu, yasudahlah diikutin aja prosesnya padahal gue udah ngantuk banget nunggunya ...

Nah abis fgd sebenernya seleksi tahap 2 nya udah selesai tapi kita harus nunggu pengumuman buat yang masuk ke tahap 3 nya, besok tanggal 4 Mei 2014, huf, nunggu lagi deh, ampe jam setengah 6 an sore baru diumumin yang lolos ke tahap berikutnya, huf, gue ama zahra udah pasrah aja dah, kayaknya pas tes tertulis sama fgd kagak bagus-bagus amat nilainya, eh ternyata pas kandidat Seoul dipanggilin, nama gue juga ada, trus abis itu nama zahra juga disebut hehe, dipilih 50 besar buat kandidat Seoul, alhamdulillah kita dikasih kesempatan ke tahap selanjutnya ...

Besoknya seleksi tahap 3, nah gue yang tadinya belom nyiapin apa-apa mulai bingung soalnya tahap 3 seleksinya tes wawancara ama pake perform kebudayaan gitu, mau belajar nari juga kagak mungkin cuma semalem doang, maen angklung juga gak mungkin karena harus bareng-bareng, yasudahlah akhirnya yang simple aja, nyari instrumen buat nyanyi, tadinya mau nyanyi betawi tapi biar  beda gitu gue pengen nyanyi bahasa korea aja dah, dan yang kepikiran kalo kayak audisi-audisi itu drama dream high, jadi lagunya gue pilih Kim Soo Hyun-Dreaming aja dah, malu-maluin banget, sumpah itu pertama kalinya gue nyanyi di depan umum, biasanya cuma nyanyi dirumah aja, ke tempat norebang aja jarang, ya ampun pokoknya pengalaman pertama banget dah nyanyi di depan orang lain, dan gue kagak pede banget ya ampun, padahal yang peserta yang ikut seleksi pas perform ternyata juga banyak yang suka kpop gitu dan udah kayak kim soo hyun aja gitu gue dikodein biar beat lagunya bener, tapi tetep aja kagak pede, maluuuu banget ...., oia zahra juga milih buat nyanyi juga, tapi nyanyi betawi “Hujan Gerimis”, peserta yang laen juga pada keren-keren banget, ada yang parodiin kehidupan pitung gitu, ada yang perform lagu “Gang Kelinci” pake gitar gitu, dan itu keren banget, banyak yang nari, ada yang dance Miss A “Goodbye Baby” juga, aaahhh makanya gue minder banget ama yang laen .....

Nah selain tes perform ada tes wawancara juga, ada 2 kali wawancara, Psikologi ama Knowledge, yang pertanyaannya sih mirip-mirip, disuruh explain yourself, your motivation to joint the program, knowledge about Seoul, similarity Seoul and Jakarta, solution for better Jakarta yah kayak gitu-gitu dah.., abis udah tes semuanya, gak langsung dimumumin jadi bisa langsung pulang, oia, yang kepilih 10 orang buat masing-masing kota tujuan, 5 cewek and 5 cowok buat ke Seoul ...

Yah, gue ama zahra nothing to lose aja, pas diumumin di web emang belom rejeki tapi diambil sisi positifnya aja, bisa belajar dari proses yang udah dilewatin, jadi tau gimana keseluruhan prosesnya, dijadiin pembelajaran aja, jadi kalo mau ikut lagi bisa lebih siap buat semua tesnya, belajar buat lebih pede lagi ama diri sendiri apalagi pas perform kebudayaan, hehe and nambah pengalaman lagi buat jadi lebih baik, kalo kata Chanyeol, “I think I grew one level” hehe

alhamdulillah, i really learn a lot from the process

PS: buat yang mau info lebih lanjut
 official web nya Jakarta Sister City jscdisorda.or.id

official twitter nya @JSC­_Youth

Tidak ada komentar: